Postingan

IMPROVING STUDENT’S OF CLASS XII IPA-1 AT MAN 8 JAKARTA ABILITY IN CRITICAL THINKING BY USING PROBLEM-BASED LEARNING METHOD

ABSTRACT Many successful students complete their assignments, do well on tests, and get good grades , yet they don’t ever learn to think critically and deeply. Our schools turn out students who think too superficially, staying on the surface of problem rather than stretching their minds and becoming deeply engaged in meaningful thinking. Teacher should guide students to be better thinker s . Problem-Based Learning (PBL) method is one way to encourage students to think critically. The problem which is investigated in this research is the implementation of problem-based learning method to improv e student’s ability in critical thinking in physics. The subject of this research is the students of class XII IPA-1 at MAN 8 East Jakarta. To solve   this problem , the researcher using classroom action research (CAR) d esign. Kurt-Lewin model’s CAR involves four steps , Planning , Action, Observing and Reflecting in every cycle in this research . All of data from this res...

PRAKTIKUM PENGUKURAN DAN MASSA JENIS

Gambar
Alat dan Bahan            :   1) balok kayu, balok alumunium, balok tembaga, ring 2) jangka sorong 3) neraca O Hauss Lakukan pengukuran dengan menggunakan jangka sorong dan neraca O’Hauss kemudian ukurlah : a. Massa balok dan ring b. Panjang balok dan diameter ring c. Volume masing-masing benda Persiapan Aturlah Neraca O’Hauss untuk mengukur massa benda di posisi seimbangnya (di kalibrasi). Siapkan jangka sorong untuk mengukur panjang dan diameter benda (balok kayu, balok alumunium, balok tembaga dan ring )   Pelaksanaan Ukurlah massa dan panjang/diameter benda dengan menggunakan Neraca O’Hauss dan jangka sorong, selanjutnya isikan pada tabel. No. Benda Massa (g) Panjang/diameter (cm) Volume(cm 3 ) 1. Balok kayu 2. Balok alumunium 3. Balok tembaga ...

Teori–teori Kebenaran Dalam Ilmu Pengetahuan

Oleh : Intan Irawati PENDAHULUAN Manusia selalu berusaha menemukan kebenaran. Beberapa cara ditempuh untuk memperoleh kebenaran, antara lain dengan menggunakan rasio seperti para rasionalis dan melalui pengalaman atau empiris. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh manusia membuahkan prinsip-prinsip yang lewat penalaran rasional, kejadian-kejadian yang berlaku di alam itu dapat dimengerti. Ilmu pengetahuan harus dibedakan dari fenomena alam. Fenomena alam adalah fakta, kenyataan yang tunduk pada hukum-hukum yang menyebabkan fenomena itu muncul. Ilmu pengetahuan adalah formulasi hasil aproksimasi atas fenomena alam atau simplifikasi atas fenomena tersebut. Struktur pengetahuan manusia menunjukkan tingkatan-tingkatan dalam hal menangkap kebenaran. Setiap tingkat pengetahuan dalam struktur tersebut menunjukkan tingkat kebenaran yang berbeda. Pengetahuan inderawi merupakan struktur terendah dalam struktur tersebut. Tingkat pengetahuan yang lebih tinggi adalah pengetahuan rasional dan intu...

FISIKA KUANTUM

Gambar
Mekanika kuantum di kalangan fisikawan dikenal sebagai salah satu cabang dari fisika modern. Cabang lainnya adalah mekanika relativistik. Gabungan kedua teori tersebut melahirkan teori medan kuantum yang sangat berhasil untuk menerangkan fenomena fisika benda-benda sangat kecil seperti misalnya atom dan bagian-bagiannya yang lebih kecil lagi. Revolusi kuantum telah melahirkan komputer dan internet yang jantungnya adalah mikroprosesor yaitu kumpulan jutaan transistor dalam satu cip.  Mekanika kuantum  adalah cabang dasar  fisika  yang menggantikan  mekanika klasik  pada tataran  atom  dan  subatom . Ilmu ini memberikan kerangka  matematika  untuk berbagai cabang  fisika  dan  kimia , termasuk  fisika atom ,  fisika molekular ,  kimia komputasi ,  kimia kuantum ,  fisika partikel , dan  fisika nuklir . Mekanika kuantum adalah bagian dari  teori medan kuantum  dan  fisik...

Disgrafia pada Anak Kesulitan Menulis dan Solusinya

Oleh : Intan Irawati Kesulitan belajar pada anak bila tidak dideteksi secara dini dan tidak dilakukan terapi yang benar, bisa menyebabkan kegagalan dalam proses pendidikan anak. Kepedulian orang tua yang tinggi dapat membantu dalam deteksi dini kesulitan belajar anak.  Riwayat penyakit terdahulu, seperti anak pernah mengalami sakit keras hingga demam tinggi, atau anak terlahir prematur, merupakan faktor risiko terjadinya kesulitan belajar. Gangguan berat akan mudah teridentifikasi, sehingga dapat terdeteksi pada usia dini. Sedangkan pada anak dengan gangguan ringan mungkin baru teridentifikasi saat usia sekolah.  Peran dokter anak pada gangguan kesulitan belajar, terutama ditujukan untuk mendeteksi tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan usianya. Pada umur dua atau tiga tahun pada umumnya anak-anak belum belajar menulis, namun anak telah menyukai kegiatan menulis walaupun hanya sekedar coretan yang belum bermakna. Ketika memasuki usia sekolah, kegiatan menulis merupak...