Postingan

Teori–teori Kebenaran Dalam Ilmu Pengetahuan

Oleh : Intan Irawati PENDAHULUAN Manusia selalu berusaha menemukan kebenaran. Beberapa cara ditempuh untuk memperoleh kebenaran, antara lain dengan menggunakan rasio seperti para rasionalis dan melalui pengalaman atau empiris. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh manusia membuahkan prinsip-prinsip yang lewat penalaran rasional, kejadian-kejadian yang berlaku di alam itu dapat dimengerti. Ilmu pengetahuan harus dibedakan dari fenomena alam. Fenomena alam adalah fakta, kenyataan yang tunduk pada hukum-hukum yang menyebabkan fenomena itu muncul. Ilmu pengetahuan adalah formulasi hasil aproksimasi atas fenomena alam atau simplifikasi atas fenomena tersebut. Struktur pengetahuan manusia menunjukkan tingkatan-tingkatan dalam hal menangkap kebenaran. Setiap tingkat pengetahuan dalam struktur tersebut menunjukkan tingkat kebenaran yang berbeda. Pengetahuan inderawi merupakan struktur terendah dalam struktur tersebut. Tingkat pengetahuan yang lebih tinggi adalah pengetahuan rasional dan intu...

FISIKA KUANTUM

Gambar
Mekanika kuantum di kalangan fisikawan dikenal sebagai salah satu cabang dari fisika modern. Cabang lainnya adalah mekanika relativistik. Gabungan kedua teori tersebut melahirkan teori medan kuantum yang sangat berhasil untuk menerangkan fenomena fisika benda-benda sangat kecil seperti misalnya atom dan bagian-bagiannya yang lebih kecil lagi. Revolusi kuantum telah melahirkan komputer dan internet yang jantungnya adalah mikroprosesor yaitu kumpulan jutaan transistor dalam satu cip.  Mekanika kuantum  adalah cabang dasar  fisika  yang menggantikan  mekanika klasik  pada tataran  atom  dan  subatom . Ilmu ini memberikan kerangka  matematika  untuk berbagai cabang  fisika  dan  kimia , termasuk  fisika atom ,  fisika molekular ,  kimia komputasi ,  kimia kuantum ,  fisika partikel , dan  fisika nuklir . Mekanika kuantum adalah bagian dari  teori medan kuantum  dan  fisik...

Disgrafia pada Anak Kesulitan Menulis dan Solusinya

Oleh : Intan Irawati Kesulitan belajar pada anak bila tidak dideteksi secara dini dan tidak dilakukan terapi yang benar, bisa menyebabkan kegagalan dalam proses pendidikan anak. Kepedulian orang tua yang tinggi dapat membantu dalam deteksi dini kesulitan belajar anak.  Riwayat penyakit terdahulu, seperti anak pernah mengalami sakit keras hingga demam tinggi, atau anak terlahir prematur, merupakan faktor risiko terjadinya kesulitan belajar. Gangguan berat akan mudah teridentifikasi, sehingga dapat terdeteksi pada usia dini. Sedangkan pada anak dengan gangguan ringan mungkin baru teridentifikasi saat usia sekolah.  Peran dokter anak pada gangguan kesulitan belajar, terutama ditujukan untuk mendeteksi tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan usianya. Pada umur dua atau tiga tahun pada umumnya anak-anak belum belajar menulis, namun anak telah menyukai kegiatan menulis walaupun hanya sekedar coretan yang belum bermakna. Ketika memasuki usia sekolah, kegiatan menulis merupak...

Pembelajaran Fisika dan Pendidikan Kejujuran

oleh : Intan Irawati Bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis multi dimensi. Krisis ekonomi, ideologi, kepemimpinan, hingga krisis budaya. Salah satu hal yang dianggap menjadi sumber dari keterpurukan bangsa ini adalah ’budaya’ korupsi yang telah mendarah daging dan berurat akar pada sebagian anak bangsa. Pangkal dari budaya korupsi itu sendiri adalah sifat khianat, tidak amanah alias tidak jujur atau gemar berdusta. Kegemaran berkata dan bersikap dusta sering bermula dari perbuatan yang dianggap remeh, seperti menyontek ketika ujian. Ketika orang dengan sifat ini menjadi pejabat publik, mereka dapat berbuat korupsi yang merugikan rakyat dan negara. Guru sebagai pendidik, bukanlah hanya mengajar materi pelajaran saja di kelas. Mereka memegang amanah sebagai pendidik para siswa. Mendidik siswa untuk berperilaku jujur merupakan bagian dari tugas guru. Seorang guru, seyogyanya merasa ikut bertanggung jawab untuk memerangi budaya khianat atau dusta ini. Ide membudayakan kejuj...

Meningkatkan Motivasi Belajar FISIKA

Oleh : Intan Irawati 1. PENDAHULUAN Belajar adalah suatu proses psikologis yang terjadi pada diri seseorang yang menyebabkan terjadinya perubahan yang relatif tetap. Perubahan itu tidak hanya berupa penambahan ilmu pengetahuan tetapi juga keterampilan dan kompetensi. Guru di sekolah memiliki peranan yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan suatu proses belajar. Nasution (1986) menyebutkan bahwa setiap guru mempunyai peranan sebagai berikut : 1. Sebagai komunikator yang berfungsi mengajarkan ilmu dan keterampilan kepada murid. 2. Sebagai fasilitator bagi para muridnya dalam proses belajar. 3. Sebagai motivator yang berperan dalam menimbulkan minat dan semangat belajar siswa secara kontinu. 4. Sebagai administrator yang berfungsi melaksanakan tugas-tugas yang bersifat administratif . 5. Sebagai konselor yang berfungsi membimbing siswanya yang mengalami kesulitan belajar. Pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada jenjang pendidikan SMP dan SMA ...

Lepton - Quark

Penyusun terkecil dari materi selama ini dikenal sebagai atom. Ternyata atom masih disusun dari beberapa partikel yang disebut proton, neutron dan elektron. berdasarkan penemuan terbaru masih ada lagi penyusun dasar materi. Sejauh ini, sudah diketahui beberapa fundamental elemen atau partikel dasar (elementer particle) yang membentuk materi. Mereka diklasifikasikan atas 2 jenis:  quark  dan  lepton .  Quark ini memiliki 6 tipe atau  flavors  (dikategorikan dalam 3 famili atau generasi): up/down, charm/strange, dan top/down. Semua materi di alam semesta kita dibentuk oleh kombinasi quarks ini: kombinasi quark-anti quark membentuk  meson , dan tiga kombinasi quark membentuk  baryon . Baru-baru ini ditemukan bukti keberadaan lima kombinasi quark membentuk partikel, disebut jenis  pentaquark . Proton dan Netron, dua partikel subatom yang kita kenal, adalah contoh jenis baryon.  Sebagaimana quark, lepton juga memiliki 6 tipe (juga di...

Perkembangan Teori Atom

Atom berasal dari bahasa Yunani “ atomos ” yang artinya tidak dapat dibagi-bagi lagi. Suatu benda dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, jika pembagian ini diteruskan, maka menurut logika pembagian itu akan sampai pada batas yang terkecil yang tidak dapat dibagi lagi, demikian pendapat Demokritus (460-370-S.M) Bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi disebut: ATOM Konsep atom yang dikemukakan oleh Demokritus murni sebagai hasil pemikiran semata, tanpa disertai adanya percobaan. Namun gagasan ini telah menjadi pembuka pintu ke arah penemuan baru menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Gagasan atom Demokritus menjadi tantangan fisikawan-fisikawan untuk mengalihkan perhatiannya ke arah mikrokosmos yang pada saat itu belum terjamah. Awal abad ke-19, John Dalton (1766-1844) telah melaksanakan percobaan-percobaan yang menunjang konsep atom. Konsep atom menurut Dalton : Atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Atom suatu unsur s...