Mengajar yang Efektif

Mengajar bukanlah pekerjaan yang mudah. Kegiatan mengajar merupakan aktivitas yang sangat kompleks dalam menghadapi keberagaman individu siswa. Seorang guru harus menguasai bermacam-macam perspektif dan strategi mengajar yang aplikable dalam penerapannya. Selain itu diperlukan pula improvisasi yang inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Pengalaman akan menjadi sangat berharga untuk memilih metode yang strategi yang tepat dalam menghadapi situasi mengajar di kelas. Manajemen kelas, penguasaan materi juga menentukan keefektifan mengajar. Menurut Santrock (2006) terdapat dua hal yang merupakan kunci keefektifan mengajar yaitu (1) pengetahuan dan keterampilan profesional (2) komitmen dan motivasi guru. Secara rinci dua hal diatas diuraikan sebagai berikut.
  1. Kompetensi penguasaan materi
  2. Strategi instruksional
  3. Keterampilan manajemen kelas
  4. Keterampilan motivasional
  5. keterampilan komunikasi
  6. Bekerja efektif dengan siswa dengan beragam latar belakang

Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa untuk mengajar yang efektif sangat diperlukan skill dan kompetensi yang meliputi paedagogik, kepribadian dan profesional.

Komentar

  1. Ass...tan, blog ane yang baru aja yah, endri-computer.blogger.com, yg lama udah jarang dibuka rencana mau dinon aktifin, oke !

    BalasHapus
  2. mari berkunjung ke dunia fisika http://aktifisika.wordpress.com bravo fisika

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Suhu Dan Kalor

Praktikum : Teleskop Sederhana

SOAL GELOMBANG ELEKTROMAGNET