Kecerdasan Majemuk

Intelegensi atau kecerdasan merupakan kemampuan untuk mengolah informasi dan keterampilan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Kecerdasan adalah salah satu bagian dari range yang luas pada keterampilan kognitif, seperti persepsi, belajar, memori, memecahkan masalah, dan bernalar (Matlin, 1999). Howard Garner berargumen bahwa tes intelegensi tradisional hanya mengukur jenis-jenis standar dari kecerdasan. Teori Multiple intelligence Gardner mengajukan tujuh komponen berbeda dari kecerdasan. Teori ini memasukkan tiga area standar: kemampuan bahasa, berpikir logika-matematik dan berpikir spasial. Teori Gardner juga memasukkan empat kemampuan: kecerdasan musikal, kinestetik, intrapersonal dan interpersonal. Kecerdasan yang tinggi pada satu bidang, tidak memerlukan kecerdasan pada bidang lainnya. Seseorang mungkin berbakat dalam seni (kemampuan spasial), ketepatan dalam bergerak (Kecerdasan kinestetik), hubungan sosial (interpersonal), tetapi tidak memiliki skor IQ yang tinggi.
Kecerdasan majemuk dari teori Gardner meliputi :
kecerdasan linguistic atau verbal, merupakan kecerdasan untuk berpikir dalam bentuk kata-kata dengan memakai bahasa untuk mengekspresikannya.
kecerdasan visual-spasial merupakan kemampuan berpikir dalam tiga dimensi, mengubah dan memodifikasi bayangan, mengendalikan diri sebagai obyek yang berada dalam suatu ruangan. Ciri yang dimiliki seperti belajar dengan melihat, mengamati, mengenali bentuk, warna dan pemandangan. Gambar atau media visual lainnya efektif menjadi pengingat informasi
kecerdasan logika matematika merupakan kecerdasan dalam menghitung, mengukur, mempertimbangkan, hipotesis dan analisa.
Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan untuk menggerakkan obyek dan keterampilan fisik
kecerdasan musik, merupakan sensivitas terhadap titi nada, melodi, ritme, nada dan apresiasi terhadap seni.
kecerdasan interpersonal, kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif dan hubungan sosial.
kecerdasan intrapersonal, kemamampuan membuat persepsi akurat tentang diri sendiri, kesadaran emosi diri dan daya juang untuk mencapai tujuan.
Kecerdasan naturalis, kemampuan untuk mempelajari ekosistem di alam dan lingkungan

Sumber : Matlin, Margaret W., 1999. Psychology , Third Edition, Harcourt Brace College Publisher.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Suhu Dan Kalor

Praktikum : Teleskop Sederhana

SOAL GELOMBANG ELEKTROMAGNET